Sun05282017

Last update06:52:18 PM GMT

Back Public Relations Cyber PR Kunjungan Mahasiswa UI ke DNPI

Kunjungan Mahasiswa UI ke DNPI

  • PDF

http://dnpi.go.id/portal/id/berita/berita-terbaru/398-cyber-media-bentuk-pertanggungjawaban-dnpi-pada-masyarakat

Cyber Media: Bentuk Pertanggungjawaban DNPI pada Masyarakat

Details
Created on Monday, 24 March 2014 17:00

JAKARTA. Sebanyak 48 mahasiswa-mahasiswi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia  (FISIP UI) berkunjung ke Sekretariat Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) untuk bertukar pikiran tentang peran cyber media dalam kampanye perubahan iklim.

Koordinator Divisi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi DNPI, Amanda Katili Niode menyatakan DNPI berupaya meningkatkan penggunaan cyber media dalam komunikasi dengan para pemangku kepentingan di bidang perubahan iklim.

Website adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban DNPI terhadap masyarakat. Melalui akses website DNPI, masyarakat dapat mengetahui kegiatan-kegiatan apa saja yang telah kami lakukan terkait perubahan iklim,” ujar Amanda dalam acara kunjungan mahasiswa dan mahasiswi Komunikasi UI sore ini.

Koordinator Divisi Administrasi dan Keuangan DNPI, Murni Titi Resdiana mengatakan DNPI sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan kampanye perubahan iklim. Indikator keberhasilan kegiatan-kegiatan tersebut makin lama makin ditingkatkan.

“Contohnya, DNPI berusaha mengetahui apakah mereka yang telah mengikuti pelatihan mengenai perubahan Iklim sudah mulai memiliki kesadaran dan komitmen terhadap isu ini,” ujar Ibu Titi menanggapi pertanyaan Saskia, salah seorang mahasiswi jurusan Komunikasi UI.

Selanjutnya pertanyaan datang dari Reta yang ingin memahami apa yang bisa dilakukan oleh generasi muda, terutama mahasiswa untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan pembalakan liar yang sedang marak pemberitaannya di media massa.

“Generasi muda khususnya mahasiswa dan mahasiswi mampu menjadi aktor penting dalam pengendalian perubahan iklim, salah satunya dengan menulis,” jawab Muhammad Farid, Sekretaris Pokja Kehutanan dan Alih Guna Lahan DNPI.

“Bahasa yang digunakan mahasiswa dan mahasiswi dalam kampanye perubahan iklim tentu akan sangat berbeda dan akan lebih menarik perhatian generasi muda. Jadi mulailah menulis mengenai hutan dan perubahan iklim” tambahnya.

Mahasiswa juga mampu membuat penelitian-penelitian mengenai komunikasi perubahan iklim. Bagaimana menjawab sentimen negatif yang datang dari luar melalui media adalah salah satu hal penting untuk diteliti.

Indonesia adalah negara berkembang yang secara sukarela menyatakan komitmen menurunkan emisi sebesar 26%. Komitmen ini merupakan key point Indonesia dalam mengajak negara-negara maju untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap perubahan iklim.

Dosen Ilmu Komunikasi UI, Emilia Bassar, S.Sos, M.Si menyatakan generasi muda berperan sangat penting dalam menentukan kebijakan perubahan iklim di kemudian hari.

“Dengan demikian, diperlukan kampanye berkesinambungan antara lain melalui moda komunikasi cyber,” seru Emilia yang di akhir acara mengajak semua peserta menyebar luaskan berita tentang Diskusi Cyber Media dan Perubahan Iklim ini melalui  akun twitter masing-masing.