Fri11172017

Last update06:52:18 PM GMT

Back Outreach CSR Praktek Green Banking dalam Krisis Lingkungan Hidup

Praktek Green Banking dalam Krisis Lingkungan Hidup

  • PDF

Oleh: Leonard Tiopan Panjaitan*)

Kondisi lingkungan di Indonesia selama beberapa tahun terakhir telah mengalami penurunan kualitas. Hal ini dapat terjadi akibat kerusakan alam yang diakibatkan oleh perubahan tata guna lahan, deforestasi, illegal logging, penjarahan hutan, alih fungsi lahan, perambahan kawasan, kebakaran hutan dan tindakan kejahatan hutan lainnya. Selain musnahnya keanekaragaman hayati (biodiversity), kerusakan lingkungan dapat mengancam kehidupan ekonomi-sosial masyarakat baik saat ini maupun masa mendatang. Di satu sisi, praktek perbankan banyak berhadapan dengan portofolio bisnis (pembiayaan kredit) yang berkaitan dengan sektor korporat di bidang sumber daya alam khususnya industri ekstraktif. Keberlanjutan (sustainability) alam dan manusia merupakan salah satu isu utama yang perlu diperhatikan oleh perbankan untuk mengurangi risiko lingkungan seperti pencemaran air, tanah dan udara serta degradasi lahan yang diakibatkan oleh dampak usaha debitur. Green Banking menjadi salah satu solusi pamungkas dimana keberlanjutan (sustainability) ditempatkan pada prioritas utama bisnis bank. Green Banking juga sebuah potensi bisnis di bidang sumber daya alam terbaharukan yang dapat menggerakkan ekonomi hijau menuju pembangunan berkelanjutan (sustainable development). BNI merupakan bank nasional pertama yang menjadi signatory UNEP-FI dan telah mendeklarasikan BNI Go Green sebagai salah satu misi bank dalam memenuhi tanggungjawab terhadap lingkungan dan sosial. BNI terus berusaha menerapkan green banking baik secara internal maupun eksternal, termasuk kepada debitur korporat dan retail.

Keywords:

Green Banking, Sustainability, Keberlanjutan, Pembangunan Berkelanjutan, Ekstraktif, Ekonomi Hijau, Risiko, Pembiayaan, Degradasi, Debitur, BNI Go Green.

*) Penulis adalah Manager Pengembangan Sustainability BNI – Unit CCR - Kantor Besar Jakarta

*Tulisan ini dimuat di buku "Komunikasi Indonesia untuk Membangun Peradaban Bangsa", 2013, Jakarta: Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Pascasarjana Universitas Mercu Buana.

icon Praktek Green Banking dalam Krisis Lingkungan Hidup (603.4 kB)



Add comment

You have no rights to add a new comment. May be you need to register on the site.