Mon04242017

Last update06:52:18 PM GMT

Back Outreach Community Media Perempuan & Radio Komunitas

Perempuan & Radio Komunitas

  • PDF

Oleh: Emilia Bassar, Irwan Abdullah, Hermin Indah Wahyuni

Kajian ini menggambarkan keterlibatan kelompok perempuan pada pengelolaan dan produksi program radio komunitas. Kehadiran kelompok perempuan sebagai pengelola radio komunitas sangat dibutuhkan untuk mendorong radio komunitas menentukan kebijakan tentang materi penyiaran sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi kelompok perempuan. Kemampuan manajemen dan keterampilan teknis pegiat perempuan di radio komunitas diharapkan dapat meningkatkan program siaran yang peka gender. Keterwakilan kelompok perempuan pun akan mewarnai program-program siaran yang berperspektif gender. Tampilan realitas keterlibatan kelompok perempuan di tiga radio komunitas—Radio RAKITA FM, Radio Ruyuk FM dan Radio Arya FM—diperoleh melalui wawancara mendalam, pengamatan di lapangan dan dokumentasi tertulis. Analisis keterlibatan perempuan pada radio komunitas akan dihubungkan ke dalam kehidupan sosial dan budaya pada masyarakat di kota, desa dan pesisir. Hasil kajian menunjukkan, komposisi pengelola perempuan pada Radio RAKITA FM, Radio Ruyuk FM dan Radio Arya FM sudah cukup baik, yaitu rata-rata 40%. Radio RAKITA FM dan Radio Ruyuk FM mempunyai program siaran yang mendukung kelompok perempuan dalam bidang keterampilan diri, kehidupan berkeluarga, kesehatan, dan motivasi diri. Sementara itu, Radio Arya FM banyak menyiarkan siaran hiburan dangdut Tarling (gitar suling). Beberapa isi siaran yang diasuh oleh penyiar perempuan juga berkaitan dengan hak-hak perempuan di rumah tangga dan masyarakat.

Kata kunci: radio komunitas, perempuan sebagai pengelola radio komunitas, perempuan dalam produksi program siaran radio komunitas.

*Tulisan ini dimuat di buku "Representasi, Komodifikasi, dan Diferensiasi: Kajian Budaya dan Perubahan Sosial di Indonesia", 2013, Yogyakarta: Kanisius.

Download: icon Perempuan & Rakom-Emilia Bassar dll (11.75 MB)



Add comment

You have no rights to add a new comment. May be you need to register on the site.