Fri07212017

Last update06:52:18 PM GMT

Back Communications Climate Change & Environmental Communications Miris, Isu Perubahan Iklim Tak Dilirik Caleg dan Capres

Miris, Isu Perubahan Iklim Tak Dilirik Caleg dan Capres

  • PDF

http://politik.rmol.co/read/2014/02/02/142282/Miris,-Isu-Perubahan-Iklim-Tak-Dilirik-Caleg-dan-Capres-

Minggu, 02 Februari 2014 , 15:22:00 WIB

Laporan: Fayaddh Abubakar

RMOL. Masyarakat menginginkan adanya komitmen yang kuat terhadap dampak perubahan iklim dalam kualifikasi figur pemimpin negara 2014 mendatang. Pasalnya, masyarakat telah merasakan dampak buruk akibat perubahan iklim tersebut secara materi dan psikologi.

"Terutama bagi petani dan nelayan," ujar Pemerhati Perubahan Iklim Emilia Bassar di Hotel Kartika Chandra, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (2/2).

Karena, perubahan iklim bisa berdampak pada perubahan pola hujan yang mengakibatkan banjir dan longsor yang berujung pada gagal panen. Termasuk semakin seringnya gelombang pasang dan cuaca ekstrim yang bisa membuat nelayan kesusahan saat melaut. Dengan kata lain, perubahan iklim mempengaruhi adanya bencana alam dan membuat kondisi cuaca tidak bisa diprediksi seperti satu dekade lalu.

Sayangnya, isu perubahan iklim ini masih mendapat perhatian yang kurang dari kalangan politisi dan legislatif. Sebagai bukti, kedua kalangan tersebut sangat minim membuat kebijakan politik dan mengalokasikan dana untuk persoalan perubahan iklim tersebut. Selain itu, hampir tidak ada caleg, capres atau calon kepala daerah yang menggunakan isu perubahan iklim dalam kampanye.

"Saya punya harapan agar setiap politisi mau duduk bersama mendiskusikan untuk menangani perubahan iklim," katanya kepada Rakyat Merdeka Online.

Dengan begitu, para pembuat kebijakan publik tidak hanya melakukan aksi sesaat atau sekadar pencitraan saat terjadi bencana alam melalui pendirian posko bencana alam dan pemberian bantuan sosial, tetapi justru memiliki aksi yang lebih permanen dan nyata melalui kebijakan terhadap dampak perubahan iklim yang dirumuskan dan kemudian dijalankan. [ian]



Add comment

You have no rights to add a new comment. May be you need to register on the site.