Thu09212017

Last update06:52:18 PM GMT

Back Communications Climate Change & Environmental Communications Komunikasi Pemasaran Ekowisata dalam Menghadapi Perubahan Iklim

Komunikasi Pemasaran Ekowisata dalam Menghadapi Perubahan Iklim

  • PDF

Perubahan iklim mempunyai potensi dampak pada semua sektor pembangunan, termasuk pada sektor ekowisata yang berdampak pada degradasi kualitas lingkungan dan objek wisata. Meskipun kerusakan lingkungan ekowisata juga disebabkan oleh perilaku wisatawan yang membuang sampah sembarangan, merusak sarana wisata atau obyek wisata, dan padatnya kendaraan bermotor di tempat wisata. Pemerintah dan pelaku bisnis pariwisata harus memberikan perhatian terhadap aksi-aksi pelestarian lingkungan yang bersinergi dengan aksi penanganan perubahan iklim pada kegiatan ekowisata. Aksi-aksi tersebut akan lebih efektif apabila didukung oleh strategi komunikasi pemasaran ekowisata yang memperhatikan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan alam, sosial dan budayanya, serta peningkatan kesejahteraan penduduk setempat. Penerapan komunikasi pemasaran ekowisata, yang terdiri dari unsur-unsur periklanan, direct response, sales promotion, dan public relations, harus terintegrasi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait.

Kata kunci: perubahan iklim, pelestarian lingkungan, ekowisata, komunikasi pemasaran, periklanan, direct response, sales promotion, dan public relations.

*Tulisan ini dimuat di buku "Marketing Communication--Pariwisata dan Korporasi di Indonesia", 2013, Jakarta: Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana.

icon Komunikasi Pemasaran Ekowisata dalam Menghadapi Perubahan Iklim-Emilia Bassar (539.57 kB)



Add comment

You have no rights to add a new comment. May be you need to register on the site.